Penyebab, Gejala dan Perawatan Hipertensi

Jumlah orang yang hidup dengan hipertensi (tekanan darah tinggi) diprediksi akan 1,56 miliar di seluruh dunia pada tahun yang 2025.

Di AS sendiri, sekitar sepertiga dari semua orang yang berusia di atas 20 tahun memiliki hipertensi, yang diukur dengan tekanan darah tinggi dan mengambil obat antihipertensi pada tahun 2011-2012.


Isi artikel ini:

  1. Apa hipertensi (tekanan darah tinggi)?
  2. Penyebab dan Gejala
  3. Perawatan dan pencegahan

Berikut adalah beberapa poin penting tentang hipertensi :

  • Hipertensi adalah tekanan darah lebih tinggi dari 140 lebih dari 90 mmHg (milimeter air raksa).
  • Salah satu atau kedua hasil test bisa tinggi, baik yang pertama, sistolik membaca (tekanan seperti jantung memompa darah ke seluruh tubuh) atau satu diastolik (seperti jantung berelaksasi dan isi ulang dengan darah).
  • Faktor gaya hidup modern yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan beban hipertensi: aktivitas fisik, diet kaya garam dengan olahan dan makanan berlemak, dan penggunaan alkohol dan tembakau.
  • Tekanan darah tinggi juga dapat menjadi sekunder untuk kondisi lain – penyakit ginjal, misalnya.
  • Hipertensi itu sendiri tidak menimbulkan gejala tetapi dalam jangka panjang menyebabkan komplikasi yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah.
  • Dokter mendiagnosa tekanan darah tinggi selama beberapa kunjungan menggunakan sphygmomanometer, yang melibatkan menerapkan manset tiup ke lengan atas.
  • langkah-langkah gaya hidup yang digunakan pertama untuk mengobati tekanan darah tinggi, termasuk pembatasan garam, moderasi alkohol dan perubahan diet lainnya.
  • Satu atau lebih obat dari sejumlah kelas yang berbeda dapat digunakan untuk pengobatan.

Definisi hipertensi (tekanan darah tinggi)?

hpertensi-inside-a-blood-vesselTekanan darah adalah gaya yang diberikan oleh darah terhadap dinding pembuluh darah, dan besarnya gaya ini tergantung pada curah jantung dan resistensi pembuluh darah.

Darah yang mengalir di dalam pembuluh memberikan gaya terhadap dinding – inilah yang disebut tekanan darah.

Hipertensi adalah memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dari 140 lebih dari 90 mmHg, definisi bersama oleh semua pedoman medis. 1,5

Ini berarti pembacaan sistolik (tekanan seperti jantung memompa darah ke seluruh tubuh) adalah lebih dari 140 mmHg (milimeter air raksa) atau diastolik membaca (sebagai jantung berelaksasi dan isi ulang dengan darah) adalah lebih dari 90 mmHg.

Sementara batas ini telah ditetapkan untuk mendefinisikan hipertensi, itu adalah untuk kenyamanan klinis dan karena mencapai target di bawah tingkat ini membawa manfaat bagi pasien. 

Tapi bukannya ditandai dengan titik cut-off khusus, komite ahli medis pada kondisi benar-benar melihat tekanan darah tinggi sebagai memiliki hubungan terus menerus untuk kesehatan jantung. 

Mereka percaya bahwa, untuk titik (turun ke tingkat 115-110 mmHg sistolik, dan 75-70 mmHg diastolik) semakin rendah tekanan darah berarti semakin baik. 1

Pandangan ini telah memimpin American Heart Association (AHA), misalnya, untuk menentukan rentang berikut tekanan darah (di mmHg):

  • Tekanan darah normal adalah di bawah 120 sistolik dan diastolik di bawah 80
  • Prehipertensi adalah 120-139 sistolik atau 80-89 diastolik
  • Tahap 1 tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah 140-159 sistolik atau 90-99 diastolik
  • Tahap 2 tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah 160 atau sistolik yang lebih tinggi atau 100 atau diastolik lebih tinggi
  • Krisis hipertensi (darurat medis) adalah ketika tekanan darah di atas 180 sistolik atau di atas 110 diastolik.

Penyebab hipertensi

Tekanan darah tinggi yang mengarah ke diagnosis hipertensi hanya akan terjadi ketika pembacaan tinggal di atas normal sepanjang waktu. Memiliki tekanan darah tinggi untuk waktu singkat adalah normal.

Tekanan darah memiliki variasi alami – menurun selama tidur dan naik pada saat bangun. tekanan darah juga naik dalam menanggapi kegembiraan, kecemasan dan aktivitas fisik.

Beban penyakit tekanan darah tinggi merupakan masalah yang berkembang di seluruh dunia. Meningkat disalahkan pada faktor-faktor gaya hidup, termasuk: 

  • Aktivitas fisik
  • Diet kaya garam melalui makanan olahan dan lemak
  • Penggunaan alkohol dan tembakau.

penyakit dan obat-obatan tertentu adalah penyebab spesifik dari tekanan darah tinggi (rinci di bawah). Ada faktor risiko umum yang dapat bertanggung jawab untuk meningkatkan risiko seseorang dari hipertensi, namun. Ini termasuk: 7

[Obesitas abdominal]Obesitas merupakan faktor risiko untuk tekanan darah tinggi dan kondisi kardiovaskular lainnya.

  • Umur – semua orang berisiko lebih besar dari tekanan darah tinggi ketika usia mereka bertambah. Prevalensi hipertensi lebih tinggi pada orang di atas 60 tahun
  • Ras – Afrika-Amerika dewasa berada pada risiko yang lebih tinggi dari orang dewasa Amerika putih atau Hispanik
  • Ukuran – kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko utama
  • Sex – pria dan wanita memiliki profil risiko yang berbeda. Sementara mereka memiliki risiko seumur hidup sama, laki-laki lebih rentan di usia muda sementara perempuan lebih rentan pada usia yang lebih tua
  • Lifestyle – seperti disebutkan di atas, ini yang harus disalahkan untuk tingkat pertumbuhan hipertensi, dari uptakes lebih besar dari diet garam, alkohol yang berlebihan, diet rendah kalium , dan kurangnya aktivitas fisik.
  • Faktor risiko lain adalah riwayat keluarga penyakit dan kronis stres.
Baca Juga  Manfaat Buah Sirsak Bagi Tubuh

Penyebab spesifik dari hipertensi

Tekanan darah tinggi yang ada telah diketahui penyebabnya disebut hipertensi primer (atau hipertensi esensial). Ini lebih umum daripada hipertensi sekunder, yang memiliki penyebab yang diidentifikasi seperti penyakit ginjal kronis.

hipertensi primer tidak mungkin untuk memiliki penyebab spesifik tapi beberapa faktor, termasuk volume plasma darah dan aktivitas sistem renin-angiotensin, regulator hormon volume darah dan tekanan – dan hipertensi primer dipengaruhi oleh faktor lingkungan, termasuk yang berkaitan dengan gaya hidup di atas.

hipertensi sekunder memiliki penyebab spesifik, salah satu contoh, dianggap yang paling umum, adalah aldosteronisme primer, gangguan hormon menyebabkan ketidakseimbangan antara kalium dan natrium tingkat dan tekanan darah sangat tinggi.

Penyebab reversibel umum adalah asupan alkohol yang berlebihan dan penggunaan kontrasepsi oral, yang dapat menyebabkan naiknya tekanan darah; terapi hormon untuk menopause juga jadi biang keladi, hipertensi sekunder lain disebabkan oleh:

  • Penyakit ginjal
  • Pheochromocytoma (kanker)
  • Sindrom Cushing (yang dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan kortikosteroid)
  • Hiperplasia adrenal kongenital (kelainan kelenjar adrenal, yang mengeluarkan hormon kortisol)
  • Hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif).

Perkembangan terakhir tentang penyebab hipertensi

Plastik wadah makanan terkait dengan hipertensi

Chemicals seharusnya pengganti yang aman untuk bahan kimia berbahaya dalam plastik terkait dengan hipertensi dan insulin resistance, pendahulu untuk diabetes , menemukan ilmuwan dari NYU Langone Medical Center di New York City.

Asupan garam terkait dengan tekanan darah tinggi

Bahkan perbedaan kecil dalam konsumsi diet garam di antara orang-orang yang tidak memiliki hipertensi dapat mengakibatkan perbedaan penting dalam tekanan darah individu setelah beberapa tahun, hasil dari penelitian di Jepang.

Remaja yang mudah stres dapat meningkatkan risiko di kemudian hari

Sebuah studi baru yang diikuti 1,5 juta remaja hingga dewasa menyelidiki peran parameter psikologis awal kemungkinan mengembangkan hipertensi.


Gejala hipertensi

hipertensi-blood-pressure-meter-and-stethoscopeTekanan darah tinggi itu sendiri biasanya dialami oleh pasien tanpa gejala sama sekali (asimtomatik). Hal ini dapat melakukan kerusakan yang diam-diam.

Hipertensi dapat menyebabkan masalah pada organ yang terkena tekanan darah tinggi, efek jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi berikut melalui arteriosklerosis, yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah dengan membentuk plak:

  • Pembesaran jantung atau melemah, ke titik di mana ia mungkin gagal untuk memompa cukup darah ( gagal jantung )
  • Aneurisma – tonjolan abnormal pada dinding arteri
  • penyempitan pembuluh darah – pada ginjal, yang mengarah ke kemungkinan gagal ginjal; juga di jantung, otak dan kaki, menyebabkan potensi serangan jantung , stroke atau amputasi, masing-masing
  • pembuluh darah di mata pecah saya atau berdarah, yang menyebabkan masalah penglihatan atau kebutaan (retinopati hipertensi, yang dapat diklasifikasikan oleh memburuknya kelas satu sampai empat).

Diagnosis dan tes untuk hipertensi

Diagnosis tekanan darah tinggi dibuat dengan mengukur itu, selama beberapa kunjungan klinik, melalui sphygmomamometer sebuah – yang lengan atas perangkat manset akrab. Pembacaan tinggi terisolasi tidak diambil – bukan, diagnosis dapat dilakukan setelah pengukuran pada setidaknya tiga hari terpisah.

Pengukuran di kantor dokter mungkin baik saat duduk dan setelah berdiri, untuk mencari ortostatik atau postural hipotensi.

Tekanan darah diukur dengan sphygmomanometry.

Keandalan dari pembacaan tekanan darah dapat ditingkatkan dengan mengambil serangkaian pengukuran luar kantor dokter, dengan melakukan self-pengukuran di rumah dengan perangkat standar.

Dokter mengambil sejarah (mengajukan pertanyaan, seperti masalah-masalah kardiovaskular) dan melakukan pemeriksaan fisik di samping mengklasifikasikan tekanan darah tinggi menggunakan sphygmomanometry.

Tes lain juga membantu untuk mengidentifikasi penyebabnya dan menentukan apakah telah terjadi komplikasi – ini mungkin termasuk tes urine, ginjal pencitraan USG, tes darah, EKG dan mungkin ekokardiografi.


Pengobatan untuk hipertensi

Perubahan gaya hidup yang penting bagi pengobatan dan pencegahan tekanan darah tinggi, dan mereka dapat sebagai efektif sebagai terapi obat. Keuntungan tambahan adalah bahwa ada efek luas pada kesehatan jantung.

Langkah-langkah gaya hidup yang dianjurkan oleh para ahli dan terbukti mengurangi tekanan darah adalah:

  • Pembatasan garam – asupan garam yang khas adalah antara 9 dan 12 ga hari dan pengurangan tekanan darah sederhana dapat dicapai bahkan pada orang dengan tingkat normal dengan menurunkan garam sekitar 5 hari ga – dengan efek yang lebih besar pada orang hipertensi
  • Moderasi konsumsi alkohol – pedoman ahli mengatakan pindah dari moderat untuk minum berlebihan “terkait baik dengan tekanan darah dan dengan peningkatan risiko stroke”
  • Tingginya konsumsi sayuran dan buah-buahan dan rendah lemak – diet Mediterania telah ditemukan untuk menjadi pelindung, dan orang-orang dengan tekanan darah tinggi disarankan untuk makan ikan setidaknya dua kali seminggu dan antara 300 dan 400 g buah dan sayuran sehari
  • Mengurangi berat badan dan mempertahankan itu – hipertensi berkorelasi erat dengan kelebihan berat badan , dan penurunan berat badan diikuti dengan penurunan tekanan darah
  • Latihan fisik secara teratur – pedoman mengatakan “pasien hipertensi harus berpartisipasi dalam setidaknya 30 menit dari intensitas sedang latihan aerobik dinamis (berjalan, jogging, bersepeda atau berenang) pada 5 sampai 7 hari seminggu.”
  • Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah.
Baca Juga  Teripang Gamat Obat Diabetes

The DASH diet

AS National Heart Lung dan Blood Institute merekomendasikan diet DASH untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Berdiri untuk Dietary Approaches to Stop Hypertension, DASH adalah rencana makan yang fleksibel dan seimbang berdasarkan studi penelitian yang disponsori oleh lembaga, yang mengatakan diet: 

  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Meningkatkan kadar lipid darah (lemak dalam aliran darah)
  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Ada sebuah buku masak Institut Nasional disebut Jauhkan Resep Kocok dengan memasak ide untuk membantu mencapai hasil ini.


Perawatan obat untuk hipertensi

hipertensi-tekanan darah tinggi-blood-pressure-reading-with-sphygmomanometerDokter akan meresepkan obat samping langkah-langkah gaya hidup untuk menurunkan tekanan darah pada orang dengan tingkat di atas 140 lebih dari 90, meskipun langkah-langkah gaya hidup biasanya dikejar pertama.

Obat biasanya dimulai sebagai monoterapi (hanya satu obat) dan pada dosis rendah pada awalnya. Jika ada efek samping yang terkait dengan obat, mereka biasanya kecil.

Sejumlah kelas yang berbeda dari obat yang tersedia dan semua cocok untuk menurunkan tekanan darah:

  • Diuretik (termasuk tiazid, chlorthalidone dan indapamide), yang telah menjadi dasar pengobatan sejak tahun 1977
  • Beta-blocker
  • kalsium antagonis
  • enzyme (ACE) inhibitor angiotensin-converting
  • blocker reseptor angiotensin.

Pilihan obat tergantung pada individu dan kondisi lain yang mereka mungkin memiliki. Sementara obat tunggal biasanya mencoba di monoterapi pertama, kombinasi dari setidaknya dua obat antihipertensi biasanya diperlukan.


 

Baca Juga  Penjelasan Biofir

Perkembangan terakhir pada hipertensi

Vitamin D tidak efektif sebagai pengobatan

Suplemen tidak dapat menurunkan tekanan darah dan tidak boleh digunakan sebagai agen antihipertensi, penelitian menyimpulkan.

Asam folat dapat mengurangi risiko stroke pertama pada penderita hipertensi

Asam folat suplemen dan obat hipertensi dikombinasikan mengurangi risiko stroke pertama di antara orang dewasa dengan tekanan darah tinggi.

Akupunktur dapat mengurangi tekanan darah tinggi

Studi baru menunjukkan bahwa akupunktur dapat bermanfaat bagi pasien dengan tekanan darah tinggi, dan menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung .

Kopi dapat membahayakan kesehatan jantung untuk orang dewasa muda dengan hipertensi ringan

Orang dewasa muda dengan kasus ringan tekanan darah tinggi mungkin ingin menghindari kopi. Penelitian baru menunjukkan minum minuman bisa meningkatkan risiko kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung pada populasi ini.

Sumber : MacGill, Markus. “Hipertensi: Penyebab, Gejala dan Perawatan” Medical News Today. MediLexicon, Intl., 3 Februari 2016.

Klik disini untuk membeli Kalung Biofirion Original Asli Bergaransi Seumur Hidup

Call / Whatsapp : 0812 101 4258 – 0812 9699 203

Homepage : www.biofircenter.com

Blog BiofirCenter : blog.biofircenter.com

Toko BiofirCenter : toko.biofircenter.com