Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

manfaat minyak kelapaKelapa dan minyak sawit yang merupakan sumber utama lemak makanan selama berabad-abad. Tetapi manfaat minyak kelapa dan buahnya telah disalah artikan dan dicap sebagai lemak jenuh yang tidak sehat.

Bahkan dikatakan menaikkan kadar kolesterol darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Pandangan buruk ini telah menyebabkan pengurangan konsumsi dan menggantikan dengan minyak nabati.

Namun, informasi terbaru menunjukkan beberapa manfaat minyak kelapa. Terutama peran mereka dalam nutrisi, kesehatan. Dibutuhkan pemahaman yang lebih baik tentang efeknya terhadap kesehatan dan status gizi.

Cara Produksi Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang diperoleh dari pohon kelapa ( Cocos nucifera ); juga banyak digunakan di daerah tropis dan subtropis di dunia untuk keperluan makanan dan industri. Minyak kelapa yang diproduksi secara tradisional dibuat dengan menghancurkan dan menekan kopra untuk mengekstrak minyak. Hal ini dilakukan di pabrik besar dan minyak tersedia secara bebas di pasaran. Minyak inti sawit  juga diproduksi dengan terlebih dahulu memecahkan kacang kernel sawit secara manual atau secara mekanis, untuk memisahkan cangkang dari kernel. Kernel kemudian dipanggang dan digiling sebelum ekstraksi minyak.

Minyak Kelapa dilaporkan Buruk oleh Pihak Tertentu

Pernah dilaporkan di Amerika Serikat, minyak kelapa adalah salah satu sumber utama lemak makanan; selain dari diary dan lemak hewani, sebelum munculnya industri minyak goreng Amerika pada tahun 1940-an.

Industri minyak kelapa telah menderita lebih dari tiga dekade retorika kasar dari kelompok aktivis konsumen dan organisasi. Contohnya seperti Pusat Sains untuk Kepentingan Umum (CSPI) dan American Soybean Association (ASA) dan anggota lain dari industri minyak nabati; serta dari mereka yang ada di komunitas medis dan ilmiah yang mengetahui informasi yang keliru dari kelompok-kelompok ini. Tak perlu dikatakan, minyak sawit telah mengalami nasib yang sama. Dugaan utama yang dituduhkan terhadap minyak sawit adalah bahwa lemak yang sangat jenuh dan konsumsinya diduga meningkatkan kadar kolesterol darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

Komponen-komponen minor yang bergizi dan merupakan manfaat minyak kelapa sawit

1. Manfaat Minyak kelapa sawit : mengandung α-, β- dan γ-karoten.

Ini adalah prekursor vitamin A, yang mencegah rabun senja, membantu pemeliharaan jaringan dan meningkatkan pertumbuhan. Di negara-negara berkembang seperti Ghana di mana kekurangan vitamin A adalah masalah utama di antara orang dewasa dan anak-anak, menggunakan minyak sawit dalam makanan dalam jumlah moderat adalah cara yang relatif terjangkau untuk memastikan asupan vitamin A yang cukup.

2. Manfaat Minyak kelapa sawit : mengandung pitosterol seperti sitosterol, stigmasterol dan campesterol.

Sterool lipofilik ini mudah diserap di saluran pencernaan, dan kemudian diubah melalui serangkaian reaksi enzimatik menjadi kolesterol, yang merupakan prekursor utama hormon steroid.

3. Manfaat Minyak sawit : mengandung Squalene.

Memiliki kemampuan penghambatan umpan balik negatif pada fungsi HMG-CoA reduktase, enzim yang terlibat dalam produksi kolesterol di hati. Dengan demikian, penggunaan minyak sawit secara moderat mungkin bermanfaat untuk profil lipid darah.

4. Manfaat Minyak kelapa sawit : kaya akan vitamin E, yang terutama terdiri dari tokoferol dan tokotrienol.

Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan kuat yang membuatnya relatif stabil terhadap oksidasi. Studi pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa tocotrienol dapat mengurangi kolesterol plasma, apolipoprotein B, tromboksan B2, dan faktor trombosit IV. Mereka juga bisa menghambat atau menunda kerusakan oksidatif membran sel. Ini membuat minyak kelapa sawit terlindungi dari kondisi kronis seperti kanker yang saat ini muncul di negara berkembang seperti Ghana.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Pengobatan

Minyak kelapa telah terbukti memiliki potensi untuk melindungi terhadap tidak hanya penyakit jantung tetapi berbagai masalah kesehatan kronis. Termasuk diabetes dan kanker serta sarana untuk mencegah dan bahkan mengobati penyakit menular, namun, pengetahuan tentang minyak kelapa telah disimpan. Terkubur dalam jurnal medis karena prasangka umum terhadap lemak jenuh.

Baca Juga  The Healthy Eating Pyramid

Minyak kelapa terdiri dari asam lemak; Asam kaprilat C -8: 0 (8%); Asam kaprat, C-10: 0, (7%); Asam laurat C-12: 0, (49%); Asam miristat C-14: 0 (8%); Asam palmitat C-16: 0 (8%); Asam stearat C-18: 0 (2%); Asam oleat C-18: 1 (6%) dan 2% C -18: 2 asam linoleat.

Manfaat Minyak Kelapa karena mengandung kaya akan asam lemak jenuh rantai menengah (asam laurat)

Minyak kelapa kaya akan asam lemak jenuh rantai menengah (asam laurat). Memungkinkan mereka untuk langsung diserap dari usus dan dikirim langsung ke hati. Kemudian digunakan secara cepat untuk produksi energi dan dengan demikian MCFAs tidak berpartisipasi dalam biosintesis dan transportasi kolesterol. Atribut pelindung kardio dari minyak kelapa ini dapat dimanfaatkan oleh negara-negara berkembang di Afrika Barat yang bergulat dengan transisi nutrisi dengan peningkatan yang mengiringi penyakit terkait diet kronis termasuk obesitas dan penyakit jantung.

Meningkatkan Pembakaran Lemak

Telah didokumentasikan dengan baik bahwa obesitas adalah masalah epidemi di seluruh Amerika Serikat dan di bagian lain dunia. Banyak program penurunan berat badan dan mode diet mencoba mengatasi masalah ini dengan menghitung kalori. Mereka lalai mempertimbangkan sumber kalori, yang sama pentingnya. Semua jenis makanan memiliki efek yang berbeda pada tubuh.

Minyak kelapa mengandung trigliserida rantai menengah (MCT). Mereka dapat meningkatkan berapa banyak kalori yang Anda bakar dibandingkan dengan makanan yang memiliki jumlah kalori yang sama tetapi mengandung lemak rantai yang lebih panjang. Menurut sebuah penelitian, 15 hingga 30 gram MCT setiap hari dapat membantu Anda mengeluarkan energi 5 persen lebih banyak dalam waktu 24 jam. Ini sama dengan membakar sekitar 120 kalori sehari.

Membunuh Mikroorganisme Berbahaya

Minyak kelapa terdiri dari sekitar 50 persen asam laurat. Saat Anda mencerna minyak kelapa, itu membentuk zat yang disebut monlaurin. Baik monolaurin dan asam laurat membunuh mikroorganisme di dalam tubuh, khususnya virus, bakteri, dan jamur.

Asam laurat dan monlaurin telah dicatat untuk membantu membunuh Staphylococcus aureus dan ragi Candida albicans, sumber umum infeksi ragi.

Meningkatkan Kolesterol HDL yang Baik

Salah satu manfaat minyak kelapa yang dikenal luas adalah kemampuannya menaikkan kadar kolesterol baik, atau HDL, di dalam tubuh. Ini mengandung lemak jenuh alami yang dapat membantu membuat kolesterol jahat, atau LDL, kurang berbahaya.

Manfaat keseluruhannya adalah jumlah HDL yang tepat akan meningkatkan kesehatan jantung. Minyak kelapa mencapai ini jauh lebih baik daripada banyak lemak lainnya.


Sumber :

  1. Ghana Med J. 2016 Sep; 50 (3): 189–196. “Coconut oil and palm oil’s role in nutrition, health and national development: A review”.
  2. Health.facty.com ; “Health Benefits of Coconut”.
Baca Juga  Produk Pelangsing yang Terdaftar di BPOM

Kalung Biofirion, Produk Kesehatan Original Asli Bergaransi Energi Seumur Hidup, untuk menjaga kesehatan, mengobati stroke, kolesterol, darah tinggi, dan lainnya.

Call / Whatsapp : 0812 101 4258 – 0812 9699 203

Homepage : www.biofircenter.com

Blog BiofirCenter : blog.biofircenter.com

Toko BiofirCenter : toko.biofircenter.com